SEJARAH DESA

Desa Kebandaran Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Pemalang telah ada sejak berdirinya Kabupaten Pemalang (1975 M) sebagain upaya untuk menelusuri sejarah Desa,Tim penulis telah mengumpulkan,menginventarisir dan mewawancara para sesepuh Desa sehingga Sejarah Desa Kebandaran selengkapnya sebagai berikut:

Semua pengawal Ky Cempaluk mempersiapkan segala keperluan terkait bertapannya Ky Cempaluk di Jimatan 9Kesesi sekarang). Salah satu pengawal tersebut adalah Ky Bandar.Setelah beberpa hari Ky Cempaluk menyelesaikan tapa kalong di Jimatan,Ky cempaluk memerintahkan abak buahnya untuk babat alas di kesesi sebelah timur sungai layangan.Dengan kerja keras Ky Cempaluk dengan cepat permukiman baru terbentuk.

Ky Bandar adalah salah satu pengawal pentolan Ky Cempaluk.Setelah selesai melaksanakan tugas yang diembannya dari ky Cempaluk,maka Ky bandar pamit untuk meninggalkan permukiman baru tersebut.Dengan doa dan izin dari Ky cempaluk maka Ky Bandar mulai berangkat melakukan pengembaraannya. Ky Bandar berjalan ke arah barat menyeberangi sungai layangan kemudian ke arah utara menuju pesisir.Pengembaraan Ky Bandar tidak berlangsung lama .Ky Bandar dan rombongan berhenti untuk bermalam.Terbangun dari tidur Ky Bandar dan rombongan berusaha mencari makan alakadarnya dan ternyata mereka justru menemukan tanah subur yang ditumbuhi buah-buahan serta sumber mata air yang bersumber dari sungai layangan.Sesaat kemudian Ky Bandar memerintahkan kepada rombongan untuk membuka dan menenbang beberapa pohon untuk membuat permukiman kecil. Kehidupan mereka gemah ripah loh jinawi beranak panak menjadi beberapa keluarga.

Pada suatu malam Ky Bandar mengbumpulkan beberapa warga untuk membahas rencana pembukaan lahan pertanian. Gagasan itu disambut baik oleh semua warga. Salah satu warga mengusulkan agar tempat mereka bermukim diberi nama. Ky Bandar dan warga lainnya diam sejenak sambil berfikir nama apa yang cocok untuk mereka bermukim . Keheningan terpecah saat salah satu warga menyampaikan pendapatnya agar nama permukiman ini menggunakan nama kyai panutan mereka yaitu “BANDAR”.Wajah Ky Bandar sesaat mengerut seraya menyempurnakan “KE-BANDAR-AN”.Maka sejak saat ini nama permukiman tersebut adalah “KEBANDARAN” sampai sekarang.

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
https://kebandaran.desakupemalang.id/profil-desa">
Twitter